Shop My Favorites

The perks of moving out from parent's house

“Tidak ada keluarga yang menemani mbak? Mbak bisa ke lab sendiri?” “Bisa kok sus” “Ok saya dampingin aja mbak. Kasian mbaknya” Begitul...



“Tidak ada keluarga yang menemani mbak? Mbak bisa ke lab sendiri?”
“Bisa kok sus”
“Ok saya dampingin aja mbak. Kasian mbaknya”


Begitulah percakapan antara gue dan suster di rumah sakit pertamina kala itu. Kenapa dia kasian ya ama gue? Karena gue sendirian gitu? Iya sih dipikir-pikir kasian juga ya. Gue empat kali bolak balik rumah sakit sendirian sampe susternya hafal. Mana waktu itu gue jalan aja ga bisa tanpa meringis. Wajarlah ya dia kasian sama gue.

Hmmmm gini gaes, gue kan lahir dan besar di jaksel (perlu banget gitu Maya ditulis jakselnya? ) Perlu dong biar kalian tau kadar kegaulan gue JKJKJK) hahhahaha. For one or two reasons yang tidak akan gue tulis di postingan ini, gue akhirnya nih pisah tinggal sama orang tua. Nah dimulailah lika-liku gadis yang tinggal sendiri di ibu kota.

Terus kemarin nih gue sakit lagi kan, terus gue mengigil pas maghrib gitu sampe ga bisa nyalain lampu padahal kamar gue udah gelap gulita. Terus di saat itu juga gue mesti ambil laundry gue dan gue harus makan untuk minum obat, jadinya gue maksa diri gue banget buat ambil laundry dalam keadaan meriang. Pas gue balik tuh gue tiba-tiba nangis aja gitu. Iya ya kadang tuh sedih dan kasian ya sendirian itu.

Tapi setelah gue udah sembuh dan gue balik ke kamar. Maaaan, I just love being alone way too much. The sadness is gone. Hahahaha. Well, karena itulah, gue jadi pengen nulis tentang postingan ini. Buat gue, ada banyak kelebihan dengan tinggal sendirian yang gue rasakan tetapi ada juga hal-hal yang enggak enak kalau kita seorang diri.

Kita bahas satu-satu ya.

1. You can set your own rules.

Gag ada lagi tuh dimarahin ortu “abis makan taro wastafel dong piringnya!” atau kalau kalian lagi nonton youtube sendirian di kamar, nyokap masuk kamar sambil ngedumel “pantesan aja gendut, olahraga makanya kalau ada waktu senggang!”. You feel me kan, gaes?

Kalau kalian udah tinggal sendiri mah bakal semau lu aja dah. Lepas bra di depan pintu kamar sepulang kantor gag bakal ada yang ngoceh. Sehabis makan indomie, mangkoknya ditaro di samping kasur juga gag bakal ada yang marah-marah. HAHAHA.

2. Jadi jago masak dan doing other domestic chores

Ini nih bener banget, gue sampai running blog  www.mayascookbook.blogspot.com tentang hasil karya masak gue. Seru tau bisa masak! Dulu di rumah mana mau nyapu ngepel dll, sekarang mah gue udah jadi jago begituan sampai bisa ngajarin dan kasih tips and trick buat OB di kantor.

3. A piece of peace and privacy

Ortu kita kan tuh ya mau kita sampai umur berapa juga tuh tetep aja ya tetap nganggep kita itu anak kecil yang gag bisa apa-apa. Kayaknya tuh kita frustasi gitu ya kalau dikekang sama orang tua. Simple sih kalau kita di rumah tuh pasti deh ada banyak pertanyaan tentang kerjaan gimana, kok malam minggu di rumah, itu yang kemarin anter ke rumah siapa (padahal itu abang gojek gag pake jaket) dll. Sumpah deh pas udah tinggal sendiri, enak banget gag ada pertanyaan kayak gitu. Palingan hanya mengingatkan untuk  jaga kesehatan aja.

Kalau masalah privacy nih gue suka kesel deh, nyokap kan suka banget ya masuk-masuk kamar ya. Mungkin karena niatnya baik sih mau rapihin isi kamar tapi tuh yaaa kan tetep aja ya kita tuh butuh privacy. Kalau tinggal sendiri tuh enak banget tau. Hehehhe.


4. Being independent and responsible

Keluar dari rumah itu kan such a big move. Kita keluar dari kenyamanan yang biasa kita dapatkan. Makan tinggal makan. Mandi tinggal mandi. Baju bersih tinggal ambil. Kurang enak apa????!! Dengan tinggal sendiri, secara gak sadar perlahan-lahan membuat kita lebih mandiri karena gag ada lagi yang menyediakan itu semua.

Dengan kita memutuskan untuk tinggal sendiri, kita bisa mendapatkan experience dan banyak ilmu yang sebenarnya membantu kita untuk jadi pribadi yang bertanggung jawab. Kita juga udah terlatih untuk  mengambil keputusan yang paling bagus dari pilihan-pilihan yang kita temui.

5. New Opportunities

Katanya kan pilihan kita hari ini yang menentukan masa depan kita kan? Kebayang gag, kalau kalian ketemu pekerjaan yang okay tapi kalian harus pergi jauh dari orang tua dan kalian gag berani untuk keluar dari semua kenyamanan yang rumah tawarkan. Sehingga kalian akhirnya gag mengambil kesempatan itu. Wah itu sih gag gue banget, guys. If someday Japan is calling, I am so ready to go.

Nah kalau gag enaknya apa ya tinggal sendiri. Hmmmmm perlu gue list gag ya, karena menurut gue lebih banyak kelebihannya sih. Yang pasti tuh ya sometimes I feel lonely, kayak from 365 days in a year, feeling lonelynya 10 hari lah. Gag banyak sih. Gue udah tau banget cara mengatasi rasa kesendirian gue.

Terus gag enaknya lagi, kalau gue ada flight pagi atau gue mesti bangun dini hari buat belajar! Gag ada yang bisa bangunin gue huhuhu gue tuh bergantung banget sama alarm tapi ya kan kita kadang suka khilaf ngesnooze alarm mulu.

Kata orang-orang tinggal sama ortu bisa irit juga. Tapi ini gag berlaku buat gue. Rumah yang ortu tinggal, itu rumah gue. Gue yang bayar tiap bulan. Mereka juga udah ga kerja, jadi I pay everything for them.  Mungkin buat beberapa orang dengan tinggal sama orang tua bisa irit, tapi untuk kasus gue gag. Sama aja.

Selain itu yang pasti gag enak ya kalau lagi sakit, gag ada yang bisa bantuin apa-apa. Kalau ada orang kan enak bisa at least feeling warm and secured. Tapi ini kan kita sendiri :(

Apakah sebenarnya postingan ini nyindir-nyindir manja kepada para pria di luar sana untuk memberikan perhatian ke gue? Tentu tidak ahahhahahah. Marriage is still faaaaaaaaaaaaaaar away from my vision. I still want to learn and grow ehehhehe. Well, kalau itu kayaknya butuh postingan tersendiri lainnya deh.

Ah sudahlah. Sekian rambling gue kali ini tentang pengalaman hidup sendirian. Kalian ada yang tinggal sama orang tua? atau udah pada merantau dari lulus SMA? Share dong enak dan gak enaknya di kolom komentar.

See you guys until the next blog post.

photo sign_zpsqaqyukse.png

You Might Also Like

2 comments