Shop My Favorites

Les Bahasa Jepang di LBI-Universitas Indonesia

おはよう(ohayou! Selamat Pagi~) Hello semuanya~ Belakangan ini banyak orang yang nanya ke gue tentang les bahasa Jepang yang sedang gue jalani...

おはよう(ohayou! Selamat Pagi~) Hello semuanya~ Belakangan ini banyak orang yang nanya ke gue tentang les bahasa Jepang yang sedang gue jalani. Gue kebetulan kan emang sering banget tuh update di instagram serta nulis di blog tentang kegiatan les gue. Beberapa orang malah ada yang menyangka kalau gue sekarang tinggal di Jepang. HAHAHA. #aamiin. Truth is gue itu sekarang sebenarnya sedang les bahasa jepang di LBI-Universitas Indonesia setiap weekend.


Kenapa gue pengen banget belajar bahasa asing atau bahasa baru? Well, ada banyak alasan mengapa gue memutuskan untuk mulai belajar bahasa baru ((lagi)). Mungkin alasan yang paling besar adalah dengan bahasa baru ACTUALLY can change people's life. How? Gini deh paling simple dengan menguasai bahasa baru kita dapat unlocks a new path, creates more opportunity dll dengan menambahkan kemampuan bahasa di CV kita.

Selain itu dengan mengetahui bahasa baru juga membantu kita untuk lebih open minded dan melihat dunia dengan perspective yang baru. Bahasa dan culture kan goes hand in hand. Dunia tuh gede banget! Dengan memperluas pemahaman kita akan suatu culture yang baru actually dapat membantu kita to be more emphatetic. In a way, it helps you to grow as a person.

Kenapa gue pilih bahasa Jepang? Jepang kan negara terbesar ketiga di dunia dari sisi ekonomi. As a country, mereka juga amat sangat innovative dengan teknologi. That is why gue pilih bahasa Jepang. Nah I am kidding!!!!!! HAHAHAHA. Bohong deh alasan gue sebenarnya adalah as simple as, it’s because I fall in love with the country setelah gue liburan kesana! Sadly, they don’t speak English. Gue intrigued banget ih sama Jepang. Gue pengen lagi, lagi dan lagi kesana.

Kalian bisa baca postingan gue "The reason I fall in love with Japan" --> click disini!


Kenapa gue pilih LBI despite adanya beberapa tempat les bahasa jepang lainnya? Pertama ya karena convenient tempatnya. Plus LBI juga yang selalu direkomendasiin oleh temen-temen gue mengenai les bahasa asing.  Jadi, LBI menang selalu jadi pilihan pertama gue dari dulu kalau mau les bahasa asing.

me @starbucks Margo every single weekend  reviewing stuffs

Di LBI itu setahun ada 3 term. Jadi, 1 term kira-kira 4 bulan lah ya. Untuk bahasa Jepang ada 10 level. So, in total I will be learning Japanese for about 3 years and half di LBI. Lama ya booooo. It’s okay sih kalau gue ahahaha. Gag semua orang mesti mulai dari level 1 seperti gue kok. Karena sebenarnya ada placement test gitu. Berhubung gue sama sekali belum pernah belajar bahasa jepang. Jadi gue gag ikut placement test dan langsung aja mulai kelas dari level 1.

Kelasnya ada yang di UI Depok dan ada juga yang di UI Salemba. Gue sih pilih yang di Depok karena kelasnya diadakan setiap weekend. Gue udah capek pulang kerja kalau mesti ke Salemba.

 

Gue sekarang ada di level 3 dengan so far 5 sensei yang berbeda and TBH yah gue sih suka-suka aja belajar di sana. Gue juga tipikal yang ekstra belajar dari internet untuk mencari-cari materi tambahan. Hari gini mah ada Youtube, berbagai applikasi smartphone dan berbagai website keren lainnya buat belajar.

Plus minusnya pasti ada lah ya namanya juga kelas. Akan tetapi menurut gue toh gue juga udah bukan anak SMA lagi yang mesti diajarin satu-satu. Senseinya lumayan asik-asik juga sih buat ditanya. Sekelas biasanya varied antara 16-18 orang. Tingkat survivalnya kecil hahahhahaa. Dari dua kelas di level 1, cuman 10 orang yang ngikut ke level 2. Mungkin karena udah gag minat atau memang lagi gag ada waktu. who knows?

My exam results

But if you commit, the class is fun! Gue juga thankful sih sama Kak ilma, Abi, Intan, dll yang membuat kelasnya menyenangkan. Kelasnya sama kayak perkuliahan secara absennya dihitung, ada kuiz 2 kali, mid term, final exam dan semacam rapor gitu. Ada listening, grammar, reading dan conversation pula selama ujian. Jadi kalian akan benar-benar berusaha keras deh selama di kelas.

Overall gue sangat merekomendasikan kalian untuk les bahasa asing di LBI. For more info kalian bisa lihat websitenya LBI-UI : http://lbifib.ui.ac.id

BTW, gue ada video referensi bagus banget tentang mengapa kalian sebaiknya mempelajari bahasa baru. Check it out!


Well, sekian postingan kali ini guys. Hopefully dapat membantu kalian yah! See you~

photo sign_zpsqaqyukse.png

You Might Also Like

29 comments

  1. Aku selalu ingin mempelajari bahasa baru, termasuk bahasa Jepang. Entah kenapa orang yang menguasai beberapa itu rasanya keren banget!
    Hehee

    ReplyDelete
  2. Kayanyaa asik mbaak ya les disanaa. . menyenangkaan gtu kelasnyaa. . Pengen juga belajar banyak bahasa, hehehe :D

    ReplyDelete
  3. Dengan belajar bahasa baru otak kita berasa jadi baru. Haha. Kalo hal positif why not

    ReplyDelete
  4. Menguasai beberapa bahasa memang asyik sih. Selain itu bisa menambah value juga. Sekarang banyak juga perusahaan yang mengutamakan kandidat yang menguasai beberapa bahasa. Good luck ya les bahasa Jepangnya 😊

    ReplyDelete
  5. belajar bahasa emang menyenangkan, eniwey satu-satunya kata dalam bahasa Jepang yang saya tau baru Arigato :)

    ReplyDelete
  6. Salut dengan keinginanya belajar bahasa Jepang. Aku udah kerasa keder nih kalau belajar bhasa baru. Aku pengen belajar bahasa Arab, mba :)

    ReplyDelete
  7. bahasa jepang? bukannya ga pengen sih, tp di usia saya sekarang, les bahasa arab aja udah pusing, tambah bahasa lainnya kayanya harus bernafas dulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sugoiiiii! mbaknya lagi les bahasa arab? cool!!! semangatttt!

      Delete
  8. Konnichiwa Nur Ismawa-san,
    Watashi wa Molly des..
    Wahh, aku pengen banget les bahasa jepang.
    Btw, berapa biaya lesnya disana? terus buku panduannya merk apa aja? Pengen belajar juga selama ini Molly cuma belajar lewat mbah Google sama ikut komunitas online bahasa Jepang. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. konnichiwa molly san :) hajimemashite. biaya lesnya tergantug term. so far sih aku 1,25 jutaan per term. buku panduannya itu ak gag tau merk apa. judulnya sih minna no nihongo :D kamu telfon langsung ke LBI aja untuk tanya-tanya lebih lanjut. btw keren bgt awwww belajar online :)

      Delete
  9. Aihh mauuu. Tahun depan apa tahun depan lagi, daftar sini kali yaaaa.

    ReplyDelete
  10. Kuasailah bahasa, maka kau akan kuasai dunia. Emang terlihat keren sih kalo kita bisa berbagai bahasa di dunia. Termasuk bahasa dr tiap suku di Indonesia... Indo jg sy sebutin ya, biar gak dicomplain orang wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap tapi aku mah belajar bukan cuman agar terlihat jadi "terlihat keren" ;)

      Delete
  11. Jadi pingin ikutan. Dulu saya pernah belajar, tapi sekarang hilang semua. 🤣🤣 Terima kasih infonya mbak.. ❤️❤️❤️❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woah kenapa ya kalau belajar bahas kayak gitu. Mesti selalu dipraktikkan ya.

      Delete
  12. keren nih infonya...bisa buat kasih info ke anakku kalo mereka pingin belajar bahasa asing

    ReplyDelete
  13. Wah, saya 14 tahun yang lalu juga kursus bahasa Jepang di LBI UI. Terus ... bahasa Jepangnya berguna buat membantu memahami hasil terjemahan interview artis Jepang. (Tapi bukan saya yang menterjemahkan ya, belum sanggup. Bisanya cuma cari terjemahan orang lain.) Hahaha...

    ReplyDelete
  14. Dari dulu pengen banget gabung di LBI. Dari jaman kuliah dan itu udah lama banget. Pas kuliah masalahnya dana. Udah kerja masalahnya jam kerja. Trus sekarang kumerasa sudah tua. Masih bisa nggak ya? Malu tapi kadang kadang.

    ReplyDelete