Shop My Favorites

Museum tour in Yogyakarta

Hiyaaa guys!!! Di postingan kali ini, gue ingin menceritakan keempat museum yang gue datangi saat liburan gue ke Yogya. Gue emang lebi...


Hiyaaa guys!!! Di postingan kali ini, gue ingin menceritakan keempat museum yang gue datangi saat liburan gue ke Yogya. Gue emang lebih prefer ke tempat-tempat kaya gini or hunting makanan daripada ke tempat-tempat trendy. Makanya, gue seneng banget saat tahu di Yogya itu banyak museum. Berhubung gue hanya pergi selama 3 hari, berikut 4 museum yang gue kunjungi.


Siapa yang tak kenal Affandi? Jika kalian penggemar karya-karya Affandi, kalian wajib mengunjungi museum ini. Museum ini menyimpan hasil karya pelukis Affandi. Museum ini menempati lahan seluas 3.500 m2 yang terdiri atas bangunan museum yang terdiri dari empat galeri beserta bangunan pelengkap seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan bangunan rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya. Rumah Affandi ini mempunyai atap berbentuk daun pisang, dan terdiri dari dua lantai dengan lantai bawah untuk ruang tamu dan garasi sedangkan lantai atas yang sebagai kamar pribadi Affandi. Sekarang rumah ini berfungsi menjadi Café Loteng yang dapat dikunjungi pengunjung.

**HTM:
Rp. 25.000

**Alamat:
Jl. Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
______
___
_
.

Menurut gue ullen sentalu merupakan museum terbagus yang pernah gue datangi. Museum ini pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia menurut National Geographic. Gue sampai mendedikasikan satu postingan khusus tentang museum ini. You all can click here!. Museum Ullen Sentalu terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta). Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja beserta permaisurinya dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya. Di museum ini tidak bisa photo-photo loh, guys! jadi kalian akan benar-benar mengapresiasi apa yang terdapat di dalam museum ini.
**HTM:
Rp. 30.000

**Alamat:
Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
______
___
_
.


I remember saat gunung merapi meletus beberapa tahun silam, seluruh media meliput bencana ini secara massive. Ketika saya tahu bahwa ada museum yang mendedikasikan seluruh kegiatan di gunung merapi, saya langsung tertarik untuk mengunjungi museum ini.

Museum ini merupakan museum bersejarah yang terdapat sebagai sarana pendidikan dan penyebarluasan informasi tentang kegunungapian. Museum ini dibangun bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

**HTM:
Rp. 10.000

**Alamat:
Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
______
___
_
.

Lokasi museum Vredeburg ini terletak sangat strategis. Jadi, kayaknya gag mungkin deh kalian lewatkan kalau kalian ke malioboro atau ke keraton yogya. Benteng vredeburg pertama kali dibangun pada tahun 1760 atas perintah dari Sri Sultan Hamengku Buwono I dan permintaan pihak pemerintah Belanda yang saat itu dipimpin oleh Nicholaas Harting yang menjabat sebagai Gubernur Direktur Pantai Utara Jawa. Adapun dalih awal tujuan pembangunan benteng ini adalah untuk menjaga kemananan keraton. Akan tetapi, maksud sebenarnya dari keberadaan benteng ini adalah untuk memudahkan pengawasan pihak Belanda terhadap segala kegiatan yang dilakukan pihak keraton Yogyakarta.

Di masa sekarang, benteng ini dijadikan museum oleh pemerintahan DIY Yogyakarta sebagai media edukasi kepada masyarakat di jaman sekarang tentang sejarah kesultanan yogya serta kemerdekaan Indonesia. Ketika memasuki museum ini ntah mengapa gue kayak langsung terenyuh melihat display baju tentara pelajar yang kecil banget. I imagine them fighting really hard for our independence with their small bodies. The thought just instantly makes me crying inside.

Apalagi belakangan ini situasi perpolitikan Indonesia yang nano-nano banget dan cenderung memecah belah membuat gue menjadi tersadarkan kalau generasi sekarang tuh banyak yang bodoh dan angkuh. Kita gag tau sejarah para pahlawan kita dan all the nameless fighters that really working hard for our beloved country. Kalau di ketiga museum sebelumnya gue kayak happy, di museum ini gue lebih sering discuss sama temen gue tentang situasi Indonesia sekarang ini. Gue sampe gag inget buat photo-photo di dalam museum, karena gue sibuk baca seluruh keterangan di setiap photo/display.

Intinya guys, sesekali ke museum buat mengingatkan kita akan sejarah bangsa, bagus buat introspeksi diri. Jangan kebayakan online mulu nyebarin kebencian :p Ingat pesan Pak Sukarno bahwa jangan pernah melupakan sejarah bangsa dan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.

**HTM: 
Rp 3.000

**Alamat :
Jl. Margo Mulyo / Jl. A. Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
______
___
_
.

Sekian guys, postingan kali ini! See you next time~ tinggalkan komen di bawah, museum mana yang mesti gue kunjungi di kemudian hari! :D

photo sign_zpsqaqyukse.png

You Might Also Like

10 comments

  1. Aku suka Museum Vredeburg, apalagi dioramanya. Benar - benar menggambarkan suasananya. Kalau kamu ke Malang, coba bermain ke museum Angkut atau museum Bentoel hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh thank you mbak , kalau museum angkut udah pernah tp klo museum bentoel belum :D

      Delete
  2. Ternyata Yogyakarta memiliki tempat wisata yang penuh dengan sejarah ya mba. Dulu 2 tahun yang lalu aku pernah ke keraton pas malam tahun baru tapi datengnya udah malem banget.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. tertarik sama museum merapi, kapan2 ke yogya museum di atas dimasukin list ah. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  4. Saya belum pernah ke semua tempat itu. Saya masukin list dulu. Siapa tau suatu saat ke Jogja lagi :)

    ReplyDelete