Shop My Favorites

Why unfriend someone in social media could be the best decision

Okay, sebenarnya gue udah ngedraft postingan ini dari bulan Januari tapi gue tahan-tahan karena sikonnya lagi ga enak banget. Ntah mengap...


Okay, sebenarnya gue udah ngedraft postingan ini dari bulan Januari tapi gue tahan-tahan karena sikonnya lagi ga enak banget. Ntah mengapa bisa samaan ama sikon social media yang lagi panas.

Sering denger kan belakangan ini orang bilang “unfollow aja kalau postingannya ngeganggu.” Nah curhatan kali ini mau ngebahas yang mirip-mirip gitu.

Well, kenapa akhirnya gue berani posting tulisan ini? Karena gue pikir ini platform emang gue buat agar gue bebas nulis yang gue mau. YOLO.

Kalau gue tulis ini di status facebook, itu mah gue ngajak temen berantem wkwkkw. Kalau gue tulis di blog sendiri dan ada yang marah, nah itu mah dia care banget ama gue ampe ngeluarin some extra clicks buat buka blog gue.

BTW di tulisan ini gue bicara tentang pengalaman pribadi gue. Gue gag menceritakan ini dari sudut pandang orang lain. Sebelumnya ya gue mau kasih tau background story gue. Gue punya social media yang mutual friended itu cuman facebook. I don’t own Path (pernah dipaksa punya, gue delete. Not my cup of tea).

Di twitter dan instagram, gue gag follow real life friends karena buat gue those friends can contact me anywhere anytime through my phone calls or whatsapp. Nomer hp gue udah 8 taun gag ganti. Those who cares will find me kok. Itulah kenapa gue suka banget sama twitter dan instagram karena sistem mereka yang gag maksa kita secara langsung buat interaksi sama orang lain. I have an option buat follow back atau gag.

OK, berarti instagram sama twitter gue aman dari timeline yang gue gag suka. Nah sekarang facebook. I originally had 800-ish friends. Which buat orang Indo angka segitu mah kecil hahhaha.

One day, gue feel the need to check my friends list karena gue abis dikomen seseorang. Setelah gue capek salah paham sama tuh orang karena gaya tulis gue yang amat sangat judes, gue finally realized that I dont even remember who she is. Mutual friends gue ke orang itu ada 200 orang. Ternyata gue sama dia pernah satu institusi.

Gue kok ngerasa bloon ya? Ngapain gue work up reply itu orang? When in real life, gua rasa gue gak akan pernah ngomong ama dia kok. Yauda deh ya berawal dari situ, akhirnya gue cut 500an orang di facebook friend list gue.

Susah gag buat decided unfriend? Buat gue sih gag hahahha gue cuman perlu cek mereka pernah ngomong sama gue in real life atau gag. Kalau gag, yaudah bye. Unfriend.  Temen seangkatan tapi beda kelas, sahabatnya si mantan pacar, adek kelas, kakak kelas yang gag pernah satu organisasi, mantan temen seperusahaan yang pas masih kerja bareng aja gag pernah ngobrol. Yaudahlah yah bye. Unfriend.

Despite yang lagi heboh di social media karena politik, agama dan lain-lain di facebook. I don’t give a fudge. Regardless lo kubu mana kalau omongan lo nyakitin (dan gue gag kenal lo) ya buat gue mah unfriend aja.

Gue yang udah capek sama kerjaan di kantor, niatnya tuh pulang kerja mau liat facebook untuk refreshing pikiran. Eh, malah liat yang asem-asem. Prinsipnya sama ama in real life. Gue gag mau di kelilingin orang yang memberikan dampak negative dalam bentuk apapun di hidup gue.

Gue prefer ngeliat orang yang inspiring. Temen yang posting photo-photo mereka yang lagi kuliah s2 di luar negeri, kakak kelas yang mengabdi jadi dokter di pelosok-pelosok, temen yang berenti kerja demi mengejar passion mereka buat dancing. Those kind of people.

800 temen di facebook tapi gue malam mingguan selalu sama Virna, Indah dan Riri. 800 temen di facebook tapi kalau gue traveling gue cuman ama Syo, Riri dan Ipah. 800 orang di facebook tapi yang selalu chat personal sama gue cuman Reqi, Mei, Rani dll. Orangnya ya itu-itu aja.

Gue ini sebenarnya accesable banget wwkkwkwkw. You just don’t contact me, ever? Huh? Contact me personally. I will reply. I don’t need social media interaction sama orang yang gue put interest.

Semua orang yang gue unfriend juga gue rasa gag akan ngeh kalau gue unfriend kok. Paling separah-parahnya kalau mereka ngeh, mereka wondering 2 menit kenapa si Maya unfriend gue. Habis itu udah. Mereka move on with their lives. Level stress mereka wondering alasan kenapa gue unfriend mereka mah apa atuh dibanding level stress gue yang capek liat teori dan perkuliahan mereka tentang politik dan agama yang honestly no one ever asked.

Even mereka ngeselin setengah mati tapi kalau gue kenal dan berinteraksi sama mereka in real life, gue biasanya cuma mute or hide aja. I still value those relationship sih yah walopun statusnya gag enak lol. Karena kalau ketemu offline, ketika  lo berdebat palingan lo hanya akan bilang "oooh gitu. iya sih ya May tapi mah kita beda cong". Udah selesai. Gag panjang x lebar. Tetep temenan.

Ah udah ah, postingan random ini. Sekali lagi, ini pengalaman pribadi aja. Gag ada hubungannya ama posisi politik or keimanan gue.

See you until next blog post~

photo sign_zpsqaqyukse.png

You Might Also Like

6 comments

  1. saya pun termasuk orang yg males dan ga mau ambil pusing liat feeds yg mengganggu di FB ataupun sosmed lain. Unfollow, unfollow, unfollow. Ga keitung udah berapa friends yg udah saya unfollow di FB haha apalagi pas momen pilkada yg panas kemaren yg bikin saya sempet uninstall FB dari HP. Yap, sometimes meng-unfriend/meng-unfollow org di sosmed itu ga ada salahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mbak ngapain diambil pusing hehehhe kita cari yang lebih manfaat kaya blogwalking ke blogger2 indo nan kece lainnya :D siapa tau dilirik orang buat nulis review berbayar hehehehe salam kenal mbak :)

      Delete
  2. kadang males liat ststus temen di sosial media yang sok-sok lebay gitu padahal di kenyatannya biasa aja,biasanya yang kaya gini nih yang masuk list buat unfriend :D

    ReplyDelete
  3. Hahhaa you are not Alone, mbak. Saya juga ngerasain hal yang sama. Sekarang tujuan main Medsos buat hiburan dan cari duit aja. Yang bikin nambah pikiran ya unfriend atau mute.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul. Yang negative dalam bentuk apapun harus kita tinggalkan :D

      Delete